Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    KONTAK KAMI    E-PANEL

APA ITU NERACA BAHAN MAKANAN

Artikel    1 tahun yang lalu   
Administrator    4339 Kali

Sumber Foto: dkp

Sesuai dengan amanat Undang Undang  No.18 tahun 2012  pasal 114 bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berkewajiban membangun, menyusun dan mengembangkan sistem informasi pangan dan gizi yang terintegrasi dan Peraturan Pemerintah  No. 17 Tahun 2015 Pasal 82 bahwa Penyajian dan penyebaran data dan informasi Pangan dan Gizi dilakukan melalui pengaturan akses dan penggunaan data;   penerbitan secara berkala dan/atau sewaktu-waktu

Neraca Bahan Makanan adalah tabel yang menyajikan gambaran menyeluruh tentang penyediaan dan penggunaan pangan di suatu wilayah dalam kurun waktu tertentu dalam bentuk zat gizi tertentu yaitu kalori (kkal/hari), protein (gram/hari), lemak (gram/hari).

 

Adapun tujuan penyusunan Neraca Bahan Makanan adalah:

1.      Menyediakan data/informasi tentang jenis bahan makanan yang diproduksi daerah, yang didatangkan dari luar daerah, diproses oleh industri, untuk bibit, makanan ternak dan yang tersedia untuk konsumsi penduduk per kapita per tahun dan per hari.

2.     Menyediakan data/informasi mengenai pola umum dari susunan bahan makanan yang diterjemahkan dalam satuan kalori. Protein dan lemak yang tersedia untuk konsumsi penduduk.

3.     Menyediakan data sebagai bahan dasar agar evaluasi kegiatan program dan perencanaan program yang menyangkut masalah pangan dan gizi.

Ada dua komponen dalam Neraca bahan makanan yaitu Penyediaan      (supply ) dan Penggunaan (utilization) Total Penyediaan Pangan (supply pangan) didapat dari penjumlahan total produksi daerah ditambah impor pangan dikurang ekspor dan stok. Sedangkan total penggunaan (utilization) adalah bahan makanan ditambah pakan ditambah bibit ditambah tercecer ditambah untuk keperluan industri

Jenis bahan makanan adalah semua jenis bahan makanan yang dapat/lazim dimakan penduduk, baik yang diperdagangkan maupun tidak. Bahan makanan yang dicantumkan dalam kolom NBM adalah semua jenis bahan makanan baik nabati maupun hewani yang umum tersedia untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Bahan makanan tersebut dikelompokkan menurut jenisnya yang diikuti prosesnya dari produksi sampai dengan dapat dipasarkan/ dikonsumsi dalam bentuk belum berubah atau bentuk lain yang berbeda sama sekali setelah melalui proses pengolahan. Jenis bahan makanan ini secara umum dikelompokkan kedalam sebelas kelompok bahan makanan yaitu padi – padian, makanan berpati, gula, buah/biji berminyak, buah-buahan, sayur-sayuran, daging, telur, susu, ikan serta kelompok minyak dan lemak.


TINGGALKAN KOMENTAR

Telp:
Email:
Website:


2020

INFO HARGA PANGAN! Merk Bendera Rp. 10.000/385 gr Tempat: Pasar segiri Ketela Pohon Rp. 5.000/Kg Tempat: Pasar Bengkuring Telur Ayam Bloiler Rp. 27.200/Kg Tempat: Pasar Kemuning Tanpa Merk (Curah) Rp. 10.600/650 Ml Tempat: Pasar Palaran Kacang Hijau Rp. 25.000/Kg Tempat: Pasar Pagi Semen Tiga Roda Rp. 51.000/Zak/50 Kg Tempat: Pasar Kedondong Minyak Tanah Rp. 13.000/Liter Tempat: Pasar Kemuning Gula Pasir Dalam Negeri Rp. 13.000/Kg Tempat: Pasar Pagi Teri Besar Rp. 60.000/Kg Tempat: Pasar iJabah Wortel Impor Rp. 23.350/Kg Tempat: Pasar Pagi Teri Besar Rp. 60.000/Kg Tempat: Pasar Lok Bahu Daging Ayam Bloiler Rp. 31.000/Kg Tempat: Pasar segiri