PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dinas Ketahanan Pangan

Jl. Perjuangan No.19, Sempaja Sel., Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 79119

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    KONTAK KAMI    E-PANEL

Tugas Pokok & Fungsi

Oleh: Noviyanto Rahmadi • Terakhir diperbarui: 1 tahun yang lalu

Tugas dan Fungsi Dinas Ketahanan Pangan

1.   Dinas Ketahanan Pangan

-        Dinas Ketahanan Pangan merupakan unsur penunjang mempunyai tugas pokok mendukung dan membantu Walikota melaksanakan urusan pemerintahan konkuren bidang pangan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah dan tugas pembantuan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan.

-        Dinas dipimpin oleh Kepala Dinas berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

 

Dalam menyelenggarakan tugas pokoknya Dinas Ketahanan Pangan mempunyai fungsi:

1.      perumusan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;

2.      perumusan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;

3.      koordinasi penyediaan infrastruktur dan pendukung di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;

4.      peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;

5.      pemantauan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;

6.      pelaksaanaan administrasi dinas pangan;

7.      pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

2.   Sekretariat

-        Sekretariat  yang merupakan unsur pembantu dan pelaksana pelayanan teknis di bidangn Sekretariat mempunyai tugas pokok melaksanakan koordinasi penyusunan program, pengelolaan urusan keuangnan, kepegawaian, rumah tangga kantor, perlengkapan, memberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas pangan dan pengelolaan barang milik Daerah dan evaluasi dan pelaporan dan menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplikasi baik dalam lingkungan kerja masing-masing maupun antar satuan organisasi sesuai dengan ruang lingkup bidang tugasnya masing-masing.

-        Sekretariat dipimpin oleh sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas.

-        Sekretariat membawahkan sub bagian yang dipimpin oleh sub bagian dan bertanggung jawab langsung kepada sekretaris.

 

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Sekretariat mempunyai fungsi antara lain :

1.        penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan kesekretariatan;

2.        pengoordinasian penyusunan dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;

3.        pengoordinasian  penyusunan  dan  pelaksanaan  Rencana  Kerja  Anggaran dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran;

4.        pelaksanaan dan pembinaan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;

5.        pengelolaan urusan kehumasan, keprotokolan, kepustakaan, dan layanan informasi dan pengaduan ;

6.        pelaksanaan administrasi dan pembinaan kepegawaian;

7.        pengelolaan anggaran Dinas; 

8.        pelaksanaan administrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai;

9.        pelaksanaan verifikasi Surat Pertanggungjawaban keuangan;

10.     pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;

11.     fasilitasi penyusunan dan pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Standar Pelayanan Publik (SPP), Maklumat Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);

12.     pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat/pelanggan;

13.     pengelolaan pengaduan masyarakat sesuai tugas fungsi Dinas;

14.     pengelolaan informasi dan dokumentasi dan pelaksanaan fungsi Pejabat Pengelolaan  Informasi  dan  Dokumentasi  Pembantu  ;

15.     pengoordinasian pengelolaan data, pengembangan sistem teknologi informasi/ aplikasi untuk aplikasi yang digunakan lintas bidang pada Dinas;

16.     pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;

17.     pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

18.     pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

 

a.   Sub Bagian Perencanaan Program dan Keuangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokoknya, Sub Bagian Perencanaan Program dan Keuangan mempunyai fungsi antara lain :

1.      mengoordinir  penyusunan  dokumen  Sistem  Akuntabilitas  Kinerja  Instansi Pemerintah (Indikator Kinerja Utama, Rencana Strategis, Rencana Kerja, Rencana Kerja Tahunan, Penetapan Kinerja dan Laporan Kinerja);

2.      menyusun dokumen  Sistem  Akuntabilitas  Kinerja  Instansi Pemerintah (Indikator Kinerja Utama, Rencana Strategis, Rencana Kerja, Rencana Kerja Tahunan, Penetapan Kinerja dan Laporan Kinerja);

3.      menyusun komitmen kinerja yang berkaitan dengan bidang tugasnya;

4.      melaksanakan verifikasi internal usulan perencanaan program dan kegiatan;

5.      melaksanakan supervisi, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan bidang - bidang  pada Dinas;

6.      mengumpulkan data lintas bidang sebagai bahan dokumen dinas;

7.      mengoordinir pengumpulan laporan bulanan pelaksanaan kegiatan Dinas;

8.      menyusun laporan tahunan Dinas;

9.      melaksanakan pengelolaan data dan dokumentasi pelaksanaan program dan kegiatan Dinas;

10.    menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan Dinas;

11.    menyusun  rencana usulan kebutuhan anggaran keuangan;

12.    mengoordinir penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Dinas;

13.    meneliti kelengkapan dan verifikasi Surat Permintaan Pembayaran;

14.    melaksanakan sistem akuntansi pengelolaan keuangan Dinas;

15.    menyiapkan Surat Perintah Membayar;

16.    melaksanakan verifikasi dan rekonsiliasi harian atas penerimaan retribusi ;

17.    menyusun rekapitulasi penyerapan keuangan sebagai bahan evaluasi kinerja keuangan;

18.    menyusun neraca Dinas;

19.    mengoordinir dan meneliti anggaran perubahan Dinas;

20.    menyusun laporan keuangan Dinas

21.    melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

22.    melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

b.   Sub Bagian Perencanaan Program dan Keuangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokoknya, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian  mempunyai fungsi antara lain    :

1.     menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

2.     melaksanakan pelayanan administrasi umum dan ketatausahaan;

3.     mengelola tertib administrasi perkantoran dan kearsipan;

4.     melaksanakan tugas kehumasan dan keprotokolan; 

5.     melaksanakan urusan rumah tangga, keamanan kantor dan mempersiapkan sarana prasarana kantor;

6.     menyusun rencana kebutuhan alat-alat kantor, barang inventaris kantor/ rumah tangga;

7.     melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan dinas;

8.     melaksanakan pengadaan, pemeliharaan sarana, prasarana kantor dan  pengelolaan inventarisasi barang;

9.     menyelenggarakan administrasi kepegawaian; 

10.   menyeleggarakan pengelolaan pelaporan dan evaluasi  kinerja pegawai k. menyusun bahan pembinaan kedisiplinan pegawai;

11.   menyiapkan dan memproses usulan pendidikan dan pelatihan Pegawai;

12.   mempersiapkan penyelenggaraan bimbingan teknis tertentu dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai;

13.   mengelola informasi dan dokumentasi dan pelaksanaan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi pembantu 

14.   menyusun tatalaksana dan tata kelola penanganan pengaduan dan pemberian informasi;

15.   memfasilitasi bidang-bidang dalam menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Standar Pelayanan Publik (SPP), Maklumat Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);

16.    memfasilitasi pembinaan tatakelola pelayanan publik;

17.   menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;

18.   melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

19.   melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

 

3.   Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan

-          Bidang Ketersediaan dan Kerawanan  Pangan yang merupakan unsur pembantu dan pelaksana pelayanan teknis dibidang ketersediaan, kerawanan mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan, pemberian pendampingan serta pemantauan evaluasi di bidang ketersediaan dan kerawanan pangan dan menerapkan menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplikasi baik dalam lingkungan kerja masing-masing maupun antar satuan organisasi sesuai dengan ruang lingkup bidang tugasnya masing-masing.

-          Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan dipimpin oleh kepala bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung pada Kepala Dinas Pangan.

-          Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan membawahkan seksi yang dipimpin oleh kepala seksi dan bertanggungjawab langsung pada kepala bidang.  

 

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.      penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

2.      penyiapan pelaksanaan koordinasi di bidang ketersediaan, penanganan kerawanan pangan dan koordinasi penyediaan infrastruktur pangan, dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya; 

3.      penyiapan penyusunan bahan rumusan kebijakan daerah dibidang ketersediaan, penanganan kerawanan pangan dan koordinasi penyediaan infrastruktur pangan, dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

4.      penyiapan pelaksanaan kebijakan di bidang ketersediaan, penanganan kerawanan pangan dan koordinasi penyediaan infrastruktur pangan, dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

5.      pemberian pendampingan pelaksanaan kegiatan di bidang ketersediaan, penanganan kerawanan pangan dan koordinasi penyediaan infrastruktur pangan, dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

6.      penyiapan pemantapan program di bidang ketersediaan, penanganan kerawanan pangan dan koordinasi penyediaan infrastruktur pangan, dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

7.      penyiapan pemantapan program di bidang ketersediaan, penanganan kerawanan pangan dan koordinasi penyediaan infrastruktur pangan, dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

8.      pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang ketersediaan, penanganan kerawanan pangan dan koordinasi penyediaan infrastruktur pangan, dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

9.      pembuatan laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;

10.   pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

11.   pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

a.   Seksi  Ketersediaa Pangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Seksi Ketersediaan Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.    menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

2.    melakukan penyiapan bahan koordinasi di bidang ketersediaan pangan;

3.    melakukan penyiapan bahan koordinasi ketersediaan pangan dalam rangka menghadapi hari besar keagamaan nasional (HBKN);

4.    melakukan penyiapan bahan analisis di bidang ketersediaan pangan;

5.    melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan di bidang ketersediaan pangan;

6.    melakukan penyiapan data dan informasi untuk penyusunan neraca bahan makanan (NBM);

7.    melakukan penyiapan data dan informasi untuk penghitungan pola pangan harapan (PPH) ketersediaan pangan;

8.    melakukan penyiapan bahan pengembangan jaringan informasi ketersediaan pangan;

9.    melakukan penyiapan bahan pendampingan di bidang ketersediaan pangan;

10. melakukan penyiapan bahan pemantauan, evaluasi, supervisi dan pelaporan kegiatan di bidang ketersediaan pangan;

11. membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;

12. melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan m. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

b.   Seksi  Sumberdaya  Pangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Seksi Sumber Daya Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.      menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

2.      melakukan penyiapan bahan koordinasi penyediaan infrastruktur pangan dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

3.      melakukan penyiapan bahan analisis penyediaan infrastruktur pangan dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

4.      melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan penyediaan infrastruktur pangan dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

5.      melakukan penyiapan bahan pendampingan kegiatan penyediaan infrastruktur pangan dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

6.      melakukan penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan penyediaan infrastruktur pangan dan sumber daya pendukung ketahanan pangan lainnya;

7.      membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;

8.      melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

9.      melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

c.    Seksi Kerawanan Pangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Seksi Sumber Daya Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.      menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

2.      melakukan penyiapan bahan koordinasi penanganan kerawanan pangan;

3.      melakukan penyiapan bahan analisis penanganan kerawanan pangan;

4.       melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan penanganan kerawanan pangan; 

5.      melakukan penyiapan bahan intervensi daerah rawan pangan;

6.      melakukan penyiapan bahan penyusunan dan analisis sistem kewaspadaan pangan dan gizi;

7.      melakukan penyiapan data dan informasi kerentanan dan ketahanan pangan kabupaten/kota;

8.      melakukan penyiapan bahan pendampingan di bidang kerawanan pangan;

9.      melakukan penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang kerawanan pangan;

10.    membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;

11.    melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

12.    melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

4.   Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan

-        Bidang Distribusi dan Cadangan  Pangan yang merupakan unsur pembantu dan pelaksana pelayanan teknis dibidang Distribusi dan Cadangan Pangan mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan, pemberian pendampingan serta pemantauan evaluasi di bidang Distribusi dan Cadangan Pangan dan menerapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Dinas Ketahanan Pangan serta pelaksanaan tugas-tugas umum lainnya yang diarahkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan sesuai dengan norma, standar, prosedur, kriteria dan ketentuan yang berlaku.

-        Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan dipimpin oleh kepala bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung pada Kepala Dinas Pangan.

-        Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan membawahkan seksi yang dipimpin oleh kepala seksi dan bertanggungjawab langsung pada kepala bidang.  

-        Untuk mendukung tercapai dan terlaksananya tugas dan tanggung jawab Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan didukung beberapa program dan kegiatan dengfan sumber dana APBD I, APBD II serta Bankeu dan dana DAK daro APBN

 

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.      penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya; 

2.      penyiapan pelaksanaan koordinasi di bidang distribusi pangan, harga pangan, dan cadangan pangan;

3.      penyiapan penyusunan bahan rumusan kebijakan daerah di bidang distribusi pangan, harga pangan, dan cadangan pangan; 

4.      penyiapan pelaksanaan kebijakan di bidang distribusi pangan, harga pangan, dan cadangan pangan;

5.      pemberian pendampingan pelaksanaan kegiatan di bidang distribusi pangan, harga pangan, dan cadangan pangan;

6.       penyiapan pemantapan program di bidang distribusi pangan, harga pangan, dan cadangan pangan; 

7.      pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang distribusi pangan, harga pangan, dan cadangan pangan

8.      pembuatan laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;

9.      pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

10.   pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

a.   Seksi  Distribusi  Pangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Seksi Distribusi Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.      menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya; 

2.      melakukan penyiapan bahan koordinasi di bidang distribusi pangan; 

3.      melakukan penyiapan bahan analisis di bidang distribusi pangan; 

4.      melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan di bidang distribusi pangan;

5.       melakukan penyiapan data dan informasi rantai pasok dan jaringan distribusi pangan; 

6.      melakukan penyiapan pengembangan kelembagaan distribusi pangan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pangan;

7.      melakukan penyiapan bahan pendampingan di bidang distribusi pangan; 

8.      melakukan penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang distribusi pangan; 

9.      membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya; 

10.   melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

11.   melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

b.   Seksi Harga Pangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Seksi Harga Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.        menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya; 

2.        melakukan penyiapan bahan koordinasi di bidang pasokan dan harga pangan;

3.        melakukan penyiapan bahan analisis di bidang pasokan dan harga pangan;

4.        melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan di bidang pasokan dan harga pangan; 

5.        melakukan penyiapan bahan pengkajian di bidang pasokan dan harga pangan; f

6.        melakukan penyiapan bahan penyusunan prognosa neraca pangan; 

7.        melakukan penyiapan pengumpulan data harga pangan di tingkat produsen dan konsumen untuk panel harga;

8.        melakukan penyiapan bahan pendampingan di bidang pasokan dan harga pangan;

9.        melakukan penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pasokan dan harga pangan;

10.       membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya; 

11.       melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan 

12.       melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

c.    Seksi Cadangan Pangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Seksi Cadangan  Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.        menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

2.        melakukan penyiapan bahan koordinasi di bidang cadangan pangan;

3.        melakukan penyiapan bahan analisis di bidang cadangan pangan;

4.        melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan kebijakan di bidang cadangan pangan; 

5.        melakukan penyiapan pengadaan, pengelolaan, dan penyaluran cadangan pangan pemerintah kabupaten/kota (pangan pokok dan pangan pokok lokal); 

6.        melakukan penyiapan pemanfaatan cadangan pangan pemerintah kabupaten/kota; 

7.        melakukan penyiapan bahan pendampingan di bidang cadangan pangan;

8.        melakukan penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang cadangan pangan;

9.        membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya; 

10.     melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

11.     melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

 

5.   Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan

-        Bidang Konsumsi dan Keamanan  Pangan yang merupakan unsur pembantu dan pelaksana pelayanan teknis dibidang Konsumsi dan Keamanan Pangan mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan, pemberian bimbingan konsumsi dan keamanan pangan dan menerapkan menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplikasi baik dalam lingkungan kerja masing-masing maupun antar satuan organisasi sesuai dengan ruang lingkup bidang tugasnya masing-masing.

-        Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan dipimpin oleh kepala bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung pada Kepala Dinas Pangan.

-        Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan membawahkan seksi yang dipimpin oleh kepala seksi dan bertanggung jawab langsung pada kepala bidang.  

 

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.      penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

2.      Penyiapan pelaksanaan koordinasi di bidang konsumsi pangan, penganekaragaman konsumsi pangan, dan keamanan pangan;

3.      Penyiapan penyusunan bahan rumusan kebijakan daerah di Bidang Konsumsi Pangan, penganekaragaman konsumsi pangan, dan keamanan pangan;

4.      Penyiapan pelaksanaan kebijakan di Bidang Konsumsi Pangan, Penganekaragaman Konsumsi Pangan, dan Keamanan Pangan;

5.      Pemberian pendampingan pelaksanaan kegiatan di Bidang Konsumsi Pangan, Penganekaragaman Konsumsi Pangan, dan Keamanan Pangan;

6.      Penyiapan pemantapan program di Bidang Konsumsi Pangan, Penganekaragaman Konsumsi Pangan, dan Keamanan Pangan;

7.      Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di Bidang Konsumsi Pangan, Penganekaragaman Konsumsi Pangan, dan Keamanan Pangan;

8.      Pembuatan laporan hasil pelaksanaan Program dan Kegiatan sesuai dengan Bidang Tugasnya;

9.      Pelaksanaan sistem pengendalian intern Pemerintahan; dan

10.   Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

a.   Seksi Konsumsi Pangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Seksi Konsumsi Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.      menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

2.      melakukan penyiapan bahan koordinasi di bidang konsumsi pangan;

3.      melakukan penyiapan bahan analisis di bidang konsumsi pangan;

4.      melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan di bidang konsumsi pangan;

5.      melakukan penyiapan penghitungan angka konsumsi pangan per komoditas per kapita per tahun; 

6.      melakukan penyiapan penghitungan tingkat konsumsi energi dan protein masyarakat per kapita per tahun;

7.      melakukan penyiapan bahan pemanfaatan lahan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga;

8.      melakukan penyiapan bahan penyusunan peta pola konsumsi pangan;

9.      melakukan penyiapan bahan pendampingan di bidang konsumsi pangan;

10.   melakukan penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang konsumsi pangan; k. membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;

11.   melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

12.   melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

 

b.   Seksi Penganekaragaman Konsumsi Pangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Seksi Penganekaragaman Konsumsi Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.      menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

2.      melakukan penyiapan bahan koordinasi dalam rangka promosi penganekaragaman konsumsi pangan dan pengembangan pangan lokal;

3.      melakukan penyiapan bahan analisis dalam rangka promosi penganekaragaman konsumsi pangan dan pengembangan pangan lokal;

4.      melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan dalam rangka promosi penganekaragaman konsumsi pangan dan pengembangan pangan lokal;

5.      melakukan penyiapan bahan promosi konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal;

6.      melakukan penyiapan bahan pelaksanaan gerakan konsumsi pangan non beras dan non terigu;

7.       melakukan penyiapan bahan kerja sama antarlembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal;

8.      melakukan penyiapan bahan pengembangan pangan pokok lokal;

9.      menyiapkan pelaksanaan komunikasi, informasi dan edukasi penganekaragaman konsumsi pangan;

10.   melakukan penyiapan bahan pendampingan dalam rangka promosi penganekaragaman konsumsi pangan dan pengembangan pangan lokal;

11.   melakukan penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan dalam rangka promosi penganekaragaman konsumsi pangan dan pengembangan pangan lokal;

12.   membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;

13.   melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

14.   melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan / pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang - undangan. 

 

c.    Seksi Keamanan Pangan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Seksi Cadangan  Pangan mempunyai fungsi antara lain :

1.        menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

2.        melakukan penyiapan bahan koordinasi di bidang kelembagaan keamanan pangan, pengawasan keamanan pangan, dan kerja sama dan informasi keamanan pangan;

3.        melakukan penyiapan bahan analisis di bidang kelembagaan keamanan pangan, pengawasan keamanan pangan, dan kerja sama dan informasi keamanan pangan;

4.        melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan di bidang kelembagaan keamanan pangan, pengawasan keamanan pangan, dan kerja sama dan informasi keamanan pangan; .

5.        melakukan penyiapan bahan pelaksanaan pengawasan pangan segar yang beredar;

6.        melakukan penyiapan bahan untuk sertifikasi jaminan keamanan pangan segar;

7.        melakukan penyiapan bahan jejaring keamanan pangan daerah (JKPD);

8.        melakukan penyiapan bahan komunikasi, informasi dan edukasi keamanan pangan;

9.        melakukan penyiapan bahan pendampingan di bidang kelembagaan keamanan pangan, pengawasan keamanan pangan, dan kerja sama dan informasi keamanan pangan;

10.     melakukan penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang kelembagaan keamanan pangan, pengawasan keamanan pangan, dan kerja sama dan informasi keamanan pangan; 

11.     membuat laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;

12.     melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

13.     melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

6.   Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok Jabatan fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pangan sesuai dengan keahlian dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri dan menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplikasi baik dalam lingkungan kerja masing-masing maupun antar satuan organisasi sesuai dengan ruang lingkup bidang tugasnya masing-masing.

Pemerintah Kota Samarinda

Dinas Ketahanan Pangan

Jl. Perjuangan No.19, Sempaja Sel., Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 79119

Telp: 0541 - 203785
Email: dkp@samarindakota.go.id/bkp3dperencanaan@gmail.com
Website: https://dkp.samarindakota.go.id


2020

INFO HARGA PANGAN! Merk Bendera Rp. 10.000/385 gr Tempat: Pasar segiri Ketela Pohon Rp. 5.000/Kg Tempat: Pasar Bengkuring Telur Ayam Bloiler Rp. 27.200/Kg Tempat: Pasar Kemuning Tanpa Merk (Curah) Rp. 10.600/650 Ml Tempat: Pasar Palaran Kacang Hijau Rp. 25.000/Kg Tempat: Pasar Pagi Semen Tiga Roda Rp. 51.000/Zak/50 Kg Tempat: Pasar Kedondong Minyak Tanah Rp. 13.000/Liter Tempat: Pasar Kemuning Gula Pasir Dalam Negeri Rp. 13.000/Kg Tempat: Pasar Pagi Teri Besar Rp. 60.000/Kg Tempat: Pasar iJabah Wortel Impor Rp. 23.350/Kg Tempat: Pasar Pagi Teri Besar Rp. 60.000/Kg Tempat: Pasar Lok Bahu Daging Ayam Bloiler Rp. 31.000/Kg Tempat: Pasar segiri